Telegram Akan Mengungkap Nomor Telepon dan Alamat IP Pengguna ke Pihak Berwenang | Borneotribun.com

Kamis, 26 September 2024

Telegram Akan Mengungkap Nomor Telepon dan Alamat IP Pengguna ke Pihak Berwenang

Telegram Akan Mengungkap Nomor Telepon dan Alamat IP Pengguna ke Pihak Berwenang
Telegram Akan Mengungkap Nomor Telepon dan Alamat IP Pengguna ke Pihak Berwenang.
JAKARTA - Baru-baru ini, pendiri Telegram, Pavel Durov, mengumumkan bahwa aplikasi Telegram akan mulai mengungkapkan nomor telepon dan alamat IP pengguna kepada pihak berwenang. 

Langkah ini dilakukan jika pengguna terbukti melanggar aturan yang ada di Telegram, seperti terlibat dalam penyebaran produk ilegal.

Perubahan ini telah dimasukkan dalam aturan penggunaan dan kebijakan privasi Telegram. 

Namun, perlu ditekankan bahwa informasi tersebut hanya akan diungkapkan untuk pelanggaran serius, seperti aktivitas ilegal. 

Jadi, pengguna biasa yang hanya menggunakan Telegram untuk komunikasi sehari-hari tidak perlu khawatir.

Menurut Durov, selama beberapa minggu terakhir, tim moderasi Telegram dengan bantuan kecerdasan buatan (AI) telah menghapus konten-konten bermasalah yang ditemukan melalui pencarian di aplikasi. Jika masih ada pengguna yang menemukan konten tidak aman, mereka dapat melaporkannya melalui bot @SearchReport.

Langkah ini diharapkan bisa mencegah para pelaku kejahatan memanfaatkan Telegram. 

"Fitur pencarian di Telegram seharusnya digunakan untuk menemukan teman dan berita, bukan untuk mempromosikan produk ilegal. Kami tidak akan membiarkan para pelaku kejahatan merusak platform ini, yang sudah hampir digunakan oleh satu miliar pengguna," kata Pavel Durov.

Dengan adanya kebijakan baru ini, Telegram berkomitmen untuk menjaga integritas platform dan melindungi pengguna dari hal-hal yang membahayakan.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar