Kekurangan Tenaga Pendidik di Kabupaten Sekadau Masih Menjadi Tantangan | Borneotribun.com

Minggu, 04 Agustus 2024

Kekurangan Tenaga Pendidik di Kabupaten Sekadau Masih Menjadi Tantangan

Kekurangan Tenaga Pendidik di Kabupaten Sekadau Masih Menjadi Tantangan
Kekurangan Tenaga Pendidik di Kabupaten Sekadau Masih Menjadi Tantangan. (Gambar ilustrasi/AI)
SEKADAU - Kekurangan tenaga pendidik di Kabupaten Sekadau masih menjadi perhatian utama. Saat ini, diperkirakan ada kekurangan sekitar 700 orang tenaga pendidik di daerah ini. 

Data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sekadau menunjukkan bahwa jumlah ini bisa berubah setiap tahunnya, tergantung berbagai faktor.

Formasi Guru PPPK 2024

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sekadau, Yustina Yusi, pada rekrutmen CPNS dan PPPK tahun 2024, Dinas Pendidikan hanya mengajukan sekitar 700 formasi guru PPPK. 

Namun, hingga saat ini, belum ada kepastian mengenai jumlah formasi yang akan diberikan untuk Sekadau dari pemerintah pusat.

"Jumlah tenaga pendidik saat ini adalah 3.090 orang, yang terdiri dari PNS, tenaga kontrak, dan honorer. Masih ada kekurangan tenaga pendidik, kalau dari data terakhir ada sekitar 700-an," ujar Yustina.

Dinamika Kebutuhan Tenaga Pendidik

Yustina menjelaskan bahwa kebutuhan tenaga pendidik selalu berubah setiap tahun. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah siswa dan guru yang pensiun. 

Oleh karena itu, angka kebutuhan tenaga pendidik tidak bisa dipatok sama setiap tahunnya. 

Sebagian besar tenaga pendidik di Kabupaten Sekadau sudah termasuk guru senior yang akan segera pensiun, sehingga dipastikan akan ada perubahan kebutuhan.

Belum Ada Kejelasan dari Pemerintah Pusat

Hingga saat ini, pemerintah pusat dan provinsi belum mengeluarkan data resmi terkait jumlah formasi tenaga pendidik dalam rekrutmen CPNS dan PPPK tahun 2024. 

Kondisi ini membuat Sekadau masih menunggu kepastian untuk bisa memenuhi kekurangan tenaga pendidik yang ada.

Menghadapi tantangan ini, diharapkan adanya perhatian lebih dari pemerintah pusat untuk memberikan alokasi formasi yang cukup bagi Kabupaten Sekadau, sehingga kualitas pendidikan di daerah ini bisa terus ditingkatkan. 

Dukungan dari semua pihak sangat penting agar anak-anak di Sekadau mendapatkan pendidikan yang optimal dengan tenaga pendidik yang memadai.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar