Jokowi Bertolak ke Jawa Tengah Meresmikan Pabrik Anoda Baterai Litium di KEK Kendal | Borneotribun.com

Kamis, 08 Agustus 2024

Jokowi Bertolak ke Jawa Tengah Meresmikan Pabrik Anoda Baterai Litium di KEK Kendal

Presiden Jokowi bertolak menuju Jawa Tengah melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (07/08/2024). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
JAKARTA - Presiden Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, bertolak menuju Jawa Tengah pada hari Rabu, 7 Agustus 2024, dalam rangka kunjungan kerja yang sangat dinanti. 

Menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.30 WIB. 

Setelah sekitar 50 menit penerbangan, Presiden dan rombongan diperkirakan tiba di Pangkalan TNI Utama AD Ahmad Yani, Kota Semarang, pada pukul 08.20 WIB. 

Perjalanan tidak berhenti di Semarang; Jokowi kemudian melanjutkan perjalanan darat ke Kabupaten Kendal menggunakan mobil. 

Tujuan utama kunjungan ini adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, tempat di mana pabrik bahan anoda baterai litium PT Indonesia BTR New Energy Material akan diresmikan.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, M. Yusuf Permana, menjelaskan bahwa nilai investasi tahap pertama pabrik ini mencapai 478 juta USD. 

Pabrik ini memiliki kapasitas produksi bahan anoda baterai sebesar 80 ribu ton per tahun, menjadikannya salah satu yang terbesar di dunia. 

Hebatnya lagi, BTR mampu menyelesaikan pembangunan pabrik tahap pertama ini hanya dalam waktu 10 bulan.

Keberhasilan ini menempatkan Indonesia dalam posisi strategis di industri baterai global. 

Setelah tahap pertama dan kedua selesai, Indonesia diproyeksikan menjadi produsen bahan anoda baterai litium-ion terbesar kedua di dunia dengan total produksi mencapai 160 ribu ton.

Setelah peresmian pabrik, Presiden Jokowi dijadwalkan kembali ke Jakarta. 

Beliau akan bertolak dari Pangkalan TNI Utama AD Ahmad Yani, Semarang, menuju Jakarta setelah semua agenda di Kendal selesai.

Dalam penerbangan menuju Jawa Tengah, Presiden Jokowi didampingi oleh beberapa menteri penting, termasuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia. 

Kehadiran para menteri ini menunjukkan pentingnya kunjungan kerja ini bagi perekonomian dan investasi Indonesia.

Kunjungan kerja Jokowi ini merupakan langkah nyata pemerintah dalam mendorong investasi dan pengembangan industri baterai di Indonesia, yang diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perekonomian nasional dan memperkuat posisi Indonesia di kancah industri global.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar