Java Soccer Academy akan gelar Mustika Java International Cup 2024 | Borneotribun.com

Minggu, 11 Agustus 2024

Java Soccer Academy akan gelar Mustika Java International Cup 2024

Java Soccer Academy akan gelar Mustika Java International Cup 2024
Java Soccer Academy akan gelar Mustika Java International Cup 2024. (ANTARA)
Jakarta - Klub Java Soccer Academy akan menggelar Mustika Java International Cup 2024 untuk pencarian bakat-bakat pemain muda pada 24 hingga 25 Agustus di Stadion Madya, Jakarta.

Pemenang dari kompetisi dengan format 7 vs 7 ini nantinya berkesempatan dikirim berlaga ke turnamen internasional Kuala Lumpur Cup 2025.

‘’Mustika Java International Cup 2024 adalah bentuk nyata kami dalam mencari dan mengembangkan bibit-bibit muda potensial yang dimiliki Indonesia. Indonesia adalah negara besar yang juga memiliki potensi sepak bola besar. Kami ingin ‘Garuda’ terus terbang tinggi dan menjadi kekuatan besar sepak bola di Asia kelak. Dan, mimpi besar itu dimulai dari pengembangan sepak bola usia muda,’’ kata Pembina Java Soccer Academy Reza Eka Pahlevi dalam keterangan resmi, Minggu.

Java Soccer Academy bekerja sama dengan operator turnamen internasional Malaysia, Maxim Event untuk menggelar turnamen Mustika Java International Cup 2024.

Java Soccer Academy juga rutin berpartisipasi di kancah internasional sejak 2016, serta memiliki relasi yang baik dengan operator-operator kompetisi internasional di berbagai negara, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, hingga Spanyol.

​​​‘’Anak-anak muda Indonesia bisa mendapatkan pengalaman berharga jika bersaing dengan tim-tim dari negara lain. Kami ingin mereka bisa bersaing secara global, tidak hanya di dalam negeri,’’ ujar Reza yang juga merupakan Direktur Eksekutif Karang Taruna Pusat tersebut.

Mustika Java International Cup 2024 akan dibagi ke dalam dua kategori pertandingan, yakni Sekolah Sepak Bola (SSB) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Untuk kategori SSB, terdapat dua kelompok usia, yakni U-12 dan U-14. Di setiap kategorinya terdapat 16 tim yang akan bersaing untuk memperebutkan gelar juara.

Juara dari kategori SSB (U-12 dan U-14) akan diikutsertakan berkompetisi di Kuala Lumpur Cup 2025. Selain itu para pemenang dari Mustika Java International Cup 2024 juga memperoleh hadiah, untuk hadiah juara 1 ini merupakan kolaborasi resmi yang dilakukan Java Soccer Academy dan Maxim Event dari Malaysia.

Sedangkan untuk peringkat dua akan mendapatkan uang pembinaan Rp15 juta dan peringkat tiga bersama akan dihadiahi uang pembinaan Rp7,5 juta.

Sementara itu, untuk juara kategori Sekolah Menengah Atas (SMA) akan mendapatkan piala, medali, dan uang pembinaan Rp10 juta. Untuk peringkat dua akan menerima medali dan uang pembinaan Rp7,5 juta, serta peringkat tiga bersama akan mendapatkan medali dan uang pembinaan Rp5 juta.

Masih dari kategori Sekolah Menengah Atas (SMA), penyelenggara juga akan memberikan piala dan uang pembinaan untuk pemain dan kiper terbaik. Selain itu, ada juga hadiah uang pembinaan Rp3 juta untuk suporter terbaik.

‘’Selamat bertanding untuk para peserta Mustika Java International Cup. Bersaing dengan sehat dan junjung tinggi sportivitas. Semoga kelak para pemain-pemain muda ini bisa menjadi kebanggaan bangsa di level internasional,’’ kata Ketua Pelaksana Mustika Jaya International Cup dan juga CEO Java Soccer Academy Eric Budi Santoso.

Rencananya, Mustika Java International Cup 2024 dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, perwakilan PSSI, dan pelatih timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri serta pemain bertahan timnas Indonesia Pratama Arhan.

Selain itu, turut mengundang perwakilan KONI Jakarta, Asprov PSSI DKI Jakarta, Askot PSSI Jakarta Selatan, Karang Taruna Indonesia, dan Pramuka Indonesia.

Oleh : Fajar Satriyo/ANTARA

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar