Wakil Bupati Ketapang Hadiri Acara Penyampaian Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023 | Borneotribun.com

Senin, 08 Juli 2024

Wakil Bupati Ketapang Hadiri Acara Penyampaian Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023

Wakil Bupati Ketapang Hadiri Acara Penyampaian Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023
Wakil Bupati Ketapang Hadiri Acara Penyampaian Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2023.
KETAPANG - Wakil Bupati Ketapang, H. Farhan, SE., M.Si turut menghadiri acara penting, yaitu Penyampaian Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2023 yang diadakan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, pada Senin (8/7/2024). Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, Wakil Presiden Prof. DR. KH. Ma’ruf Amin, serta jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menerima langsung Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Predikat WTP ini menunjukkan bahwa laporan keuangan pemerintah dianggap sudah memenuhi standar akuntansi yang baik, tanpa adanya kesalahan yang signifikan.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BPK RI yang terus meningkatkan profesionalisme dalam melakukan pemeriksaan keuangan negara. Beliau juga memberikan ucapan selamat kepada seluruh jajaran pemerintah pusat dan daerah atas pencapaian opini WTP tahun ini.

Namun, Presiden mengingatkan bahwa WTP bukanlah sebuah prestasi yang luar biasa, melainkan kewajiban setiap instansi untuk menjalankan dan mempertanggungjawabkan anggaran dengan baik. 

"Sering saya sampaikan, WTP bukan prestasi, tapi WTP adalah kewajiban menggunakan, menjalankan, dan mempertanggung jawabkan APBN dan APBD secara baik," ujar Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden juga menekankan kepada para menteri, kepala lembaga, dan kepala daerah agar segera menindaklanjuti rekomendasi-rekomendasi BPK agar pengelolaan keuangan semakin baik di masa mendatang.

Usai acara, Wakil Bupati Ketapang, H. Farhan, SE., M.Si, menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah Pusat atas pencapaian opini WTP untuk yang kedelapan kalinya. Beliau juga menegaskan bahwa Pemerintah Daerah Ketapang akan menindaklanjuti arahan Presiden dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan anggaran.

“Kami tadi hadir sekaligus mendengarkan arahan Bapak Presiden serta Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Dari arahan tersebut, kita akan menindaklanjuti apa yang menjadi perhatian Bapak Presiden, sebagaimana yang telah kita laksanakan selama ini,” jelas Farhan.

Lebih lanjut, Wakil Bupati menekankan pentingnya laporan keuangan yang transparan dan akuntabel. Menurutnya, hal ini adalah kunci untuk membangun kepercayaan publik serta memastikan pembangunan yang berkelanjutan.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk seluruh pimpinan lembaga negara, menteri Kabinet Indonesia Maju, serta para gubernur, bupati, wali kota, dan ketua DPRD dari seluruh Indonesia.

Dengan adanya penyampaian hasil pemeriksaan ini, diharapkan pemerintah di semua tingkatan semakin berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan negara, sehingga pembangunan bisa berjalan lebih efektif dan efisien di masa depan.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar