Wabup Subandrio Hadir Bimtek dan Sosialisasi OSS RBA | Borneotribun.com -->

Senin, 08 Juli 2024

Wabup Subandrio Hadir Bimtek dan Sosialisasi OSS RBA

Foto: Wakil Bupati Sekadau, Subandrio memberikan penghargaan kepada pelaku usaha mikro kategori kreatif inovatif dan mengikuti perkembangan teknologi.

SEKADAU - Wakil Bupati Sekadau, Subandrio menghadiri Bimtek dan Sosialisasi Implementasi Perizinan berusaha Berbasis Risiko (OSS RBA) dan Implementasi Pengawasan Perizinan Berusaha bagi Pelaku Usaha, di Aula Kantor Camat Sekadau Hilir, Senin (8/7/2024).

Wabup Subandrio mengatakan ada dorongan pemerintah pusat kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau menargetkan investasi sebesar Rp. 500 milyar.

Dikatakannya, pemkab berusaha menciptakan iklim yang nyaman untuk berinvestasi, jika masyarakat tidak ramah, sering terjadi keributan, maka pelaku usaha akan pelan-pelan lari.

"Dalam 3 tahun terakhir, kita telah buktikan kalau kabupaten Sekadau aman untuk investasi, dimana pertumbuhan jual beli meningkat, serta pertumbuhan ekonomi pun meningkat," ujar Subandrio.

Dikatakannya juga, Pemerintah pusat dan pemkab mulai saat ini mempermudah izin usaha melalui OSS RBA.

Ia menyebutkan, mengapa perizinan itu penting, sebab legalitas ini penting, jangan berusaha tidak ada legalitas, harus ada pengakuan resmi dari pemerintah, mendapat kepastian hukum, tidak mudah di kacau, mempermudah pemkab melakukan pembinaan juga memberikan bantuan keuangan.

"Tentu, supaya pelaku usaha makmur dan sejahtera, khususnya di Sekadau Hilir, angka pengganguran berkurang akibat adanya usaha, sehingga masyarakat kita terbantu," tukasnya.

Wabup berpesan kepada peserta, silahkan koordinasi ke dinas jika bapak/ibu kesulitan mendapatkan KUR untuk permodalan.

Sementara Camat Sekadau Hilir, Gustar Indarto, mengatakan hadirnya kegiatan PTSP ini mendorong iklim investasi, kondusif dan berdaya saing, baik itu usaha mikro maupun makro.

"Dulunya camat yang mengeluarkan perizinan berusaha namun sekarang melalui dinas PTSP sudah bisa," katanya.

Ia juga menegaskan jika bagaimana ingin memiliki modal maka syarat utama adalah memiliki izin.

Untuk mendukung dan meningkatkan semangat para pelaku usaha, pemerintah daerah memberikan penghargaan kepada pelaku usaha mikro kategori kreatif inovatif dan mengikuti perkembangan teknologi, Sdr. Sari Wulandari, toko modern (PT. Indomaret), kategori berkomunikasi baik dengan pemkab Sekadau, dan PT Agro Andalan, bidang usaha perkebunan kelapa sawit kategori baik, telah melakukan RKBM (Kegiatan Bongkar Muat) tiap semester.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas pelayanan Terpadu satu pintu (PTSP), CSR Manajer PT. Agro Andalan DSN Group, dan para pelaku usaha.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar

SEPAKBOLA

LIFESTYLE