Pemerintah Kabupaten Sekadau Tingkatkan Jalan Rirang Jati-Kiungkang | Borneotribun.com -->

Sabtu, 20 Juli 2024

Pemerintah Kabupaten Sekadau Tingkatkan Jalan Rirang Jati-Kiungkang

Pemerintah Kabupaten Sekadau Tingkatkan Jalan Rirang Jati-Kiungkang
Pemerintah Kabupaten Sekadau Tingkatkan Jalan Rirang Jati-Kiungkang.
SEKADAU - Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Pekerjaan Umum & Penataan Ruang (PUPR) resmi meluncurkan proyek peningkatan Jalan Rirang Jati-Kiungkang di Kecamatan Nanga Taman Pada Jumat (19/7/2024). Ini merupakan kabar gembira bagi masyarakat yang telah menantikan peningkatan infrastruktur ini selama 20 tahun.

Mewujudkan Aspirasi Masyarakat

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sekadau, Heri Handoko, menekankan bahwa proyek ini merupakan tanggapan langsung atas usulan masyarakat. "Peningkatan Jalan Rirang Jati-Kiungkang ini adalah jawaban dari usulan masyarakat. Sejak jalan dibuka 20 tahun lalu, baru kali ini bisa ditingkatkan," ujarnya. Meskipun tahap awal proyek ini hanya mencakup 1,1 kilometer dengan pagu dana sekitar Rp 4 miliar, Heri memastikan bahwa ini adalah langkah awal pemerintah untuk memastikan pemerataan pembangunan.

Komitmen Pemerintah Daerah

Dalam sambutannya, Bupati Sekadau Aron mengakui bahwa peningkatan jalan ini merupakan proyek yang sudah lama dinantikan. "Sudah 20 tahun baru kali ini peningkatan jalan Rirang Jati-Kiungkang dilakukan. Meskipun belum maksimal, tapi pemerintah daerah berusaha agar pembangunan dapat dilaksanakan sehingga bisa dinikmati masyarakat," kata Bupati Aron.

Bupati juga menyoroti keterbatasan anggaran yang dihadapi pemerintah daerah. "Keuangan kita terbatas, namun pembangunan yang kita laksanakan sekarang pasti berlanjut," ungkapnya. Proyek ini didanai oleh Dana Bagi Hasil (DBH) sawit dari pemerintah pusat, di mana Kabupaten Sekadau pada tahun 2024 mendapatkan alokasi DBH sebesar Rp 37 miliar. Dari jumlah tersebut, 80 persen dialokasikan untuk peningkatan infrastruktur di berbagai lokasi.

Kerja Sama untuk Mewujudkan Cita-cita

Selain proyek jalan, Bupati Aron menyampaikan bahwa Kabupaten Sekadau juga akan mendapatkan bantuan beberapa unit jembatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Realisasi proyek jembatan ini masih menunggu persetujuan dari pemerintah pusat.

Bupati Aron menekankan pentingnya kerja sama antara legislatif dan eksekutif untuk mencapai keberhasilan ini. "Semuanya itu merupakan hasil kerja keras, berkat kerja sama semua pihak, baik dari legislatif maupun eksekutif. Makanya kompak dan bersatu itu penting agar cita-cita masyarakat Sekadau bisa kita wujudkan," tuturnya.

Dengan dimulainya peningkatan jalan Rirang Jati-Kiungkang ini, Pemerintah Kabupaten Sekadau menunjukkan komitmennya dalam membangun infrastruktur yang lebih baik demi kesejahteraan masyarakat. Semoga proyek ini menjadi langkah awal bagi pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Sekadau.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar