Pawai Ta’aruf Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446H di Ketapang Berjalan Meriah, Meski Diguyur Hujan | Borneotribun.com

Sabtu, 06 Juli 2024

Pawai Ta’aruf Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446H di Ketapang Berjalan Meriah, Meski Diguyur Hujan

Pawai Ta’aruf Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446H di Ketapang Berjalan Meriah, Meski Diguyur Hujan
Pawai Ta’aruf Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446H di Ketapang Berjalan Meriah, Meski Diguyur Hujan.
Ketapang – Malam pergantian tahun baru Islam 1 Muharram 1446H di Ketapang dimeriahkan dengan Pawai Ta’aruf yang berlangsung pada Sabtu (06/07/2024) malam. Meskipun sempat diguyur hujan, ratusan obor yang dibawa oleh para peserta tetap menyala, menghiasi malam dengan suasana penuh semangat dan kekhidmatan.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Ketapang, H. Farhan, SE., M.Si. Pembukaan acara ditandai dengan pengangkatan bendera oleh Wabup.

Dalam sambutannya, Wabup Farhan mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya karena setiap tahun, perayaan 1 Muharram selalu disambut dengan berbagai kegiatan positif, salah satunya adalah Pawai Ta’aruf.

“Pawai Ta’aruf ini merupakan bentuk kegembiraan kita dalam menyambut 1 Muharram. Ini juga menjadi cara kita sebagai umat Muslim untuk memberitahu bahwa esok hari kita telah memasuki tahun baru Islam,” ujar Farhan.

Lebih lanjut, Wabup Farhan juga mengingatkan bahwa peringatan 1 Muharram sebaiknya tidak hanya berfokus pada kegiatan perayaan semata, tetapi juga menjadi momen introspeksi diri. Ia menekankan pentingnya evaluasi diri selama satu tahun terakhir dan berharap umat Muslim dapat melakukan "hijrah" ke arah yang lebih baik.

“Evaluasi diri ini yang kita sebut sebagai hijrah, yaitu hijrah dari kondisi yang kurang baik menuju kondisi yang lebih baik,” tambahnya. Ia juga berharap di tahun baru Islam ini, seluruh masyarakat dapat terus meningkatkan kualitas diri dan senantiasa diberi kesehatan serta umur panjang oleh Allah SWT.

Selain Pawai Ta’aruf, acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan Drum Band dari berbagai sekolah, seperti MAN 1 Ketapang, MIN 1 Ketapang, SMPN 1 Ketapang, SMAN 2 Ketapang, SMAN 3 Ketapang, serta peserta dari SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMA/MA, dan beberapa organisasi masyarakat (Ormas).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Kemenag Ketapang, Kapolsek Delta Pawan, perwakilan Polres dan Kodim, Kepala Dinas Pendidikan Ketapang, Kaban BPBD, Kadis PUPR Ketapang, Lurah Kelurahan Tengah, Ibu Wakil Ketua TP PKK Ketapang, serta Ketua dan Pengurus Masjid Agung Al-Ikhlas.

Malam penuh kebersamaan ini menjadi momentum indah untuk memulai tahun baru Islam dengan semangat baru, berharap agar ke depan, Ketapang dan seluruh warganya selalu diberkahi dalam setiap langkah.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar