Bupati Sekadau Aron Resmi Membuka Gawai Dayak ke-13 Tahun 2024 di Batang Youth Center | Borneotribun.com -->

Selasa, 23 Juli 2024

Bupati Sekadau Aron Resmi Membuka Gawai Dayak ke-13 Tahun 2024 di Batang Youth Center

Bupati Sekadau Aron Resmi Membuka Gawai Dayak ke-13 Tahun 2024 di Batang Youth Center
Bupati Sekadau Aron Resmi Membuka Gawai Dayak ke-13 Tahun 2024 di Batang Youth Center.
SEKADAU - Bupati Sekadau Aron secara resmi membuka Gawai Dayak ke-13 Tahun 2024 yang diselenggarakan di Batang Youth Center, Jalan Panglima Naga, Sekadau Hilir, pada Selasa (23/7/2024). 

Acara meriah ini dimulai dengan pawai yang dilepas oleh Bupati Aron, di mana peserta pawai Dayak terdiri dari tim DAD dari 7 kecamatan di Kabupaten Sekadau, sekolah-sekolah yang ada di kota Sekadau, serta paguyuban dan sanggar kesenian dari sekitar kota Sekadau.

Kehadiran Para Tamu Undangan

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Sekadau periode 2005-2015, Simon Petrus, serta undangan dari provinsi yang terdiri dari ketua DAD Provinsi Kalbar, perwakilan pemerintah Provinsi Kalbar, seluruh SKPD Kabupaten Sekadau, para anggota DPRD, wakil ketua DPRD, Ketua DAD Kabupaten Sekadau, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda di Kabupaten Sekadau.

Sambutan dan Laporan Ketua Panitia

Ketua panitia, Martinus Ridi, SKM, MM, mengucapkan selamat datang kepada semua tamu undangan dari berbagai wilayah di Kalimantan Barat sebelum membacakan laporan. 

Dalam laporannya, Martinus menyampaikan bahwa Gawai Dayak adalah bentuk rasa syukur atas hasil panen dan telah menjadi agenda tahunan rutin pemerintah daerah Kabupaten Sekadau.

 Selain itu, gawai ini juga menjadi sarana promosi kebudayaan dan tradisi Dayak melalui berbagai perlombaan seperti lagu Dayak, tarian tradisional Dayak, kerajinan tradisional, dan permainan tradisional lainnya.

Sambutan Bupati Sekadau, Aron

Bupati Sekadau, Aron, dalam sambutannya, mengucapkan syukur kepada Tuhan karena bisa menghadiri acara Gawai Dayak ke-13 ini. "Saya atas nama pemerintah Kabupaten Sekadau mengucapkan selamat untuk masyarakat Kabupaten Sekadau yang hari ini secara resmi merayakan Gawai Dayak tingkat kabupaten. Ini merupakan gawai kita bersama. Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk merayakan gawai ini, mendukung program ini, karena merupakan puncak seluruh rangkaian Gawai Dayak di Kabupaten Sekadau," ungkap Bupati.

Bupati Aron juga mengucapkan terima kasih kepada pejabat yang mewakili Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, ketua DAD Provinsi Kalimantan Barat, serta ketua panitia dan seluruh jajarannya atas kerja keras mereka dalam menyukseskan acara ini. 

Selain itu, beliau juga memberikan penghargaan khusus kepada suku Dayak Mentuka yang tahun ini menjadi tuan rumah pelaksanaan ritual Gawai Dayak.

Tema Gawai Dayak Tahun Ini

Tema Gawai Dayak tahun ini adalah "Nya'pat Soa Nyi'mak Jurong," sebuah budaya bagi sub suku Dayak Mentuka. 

Ritual ini dilakukan sebelum mulai berladang kembali, sebagai syukuran kepada Tuhan yang Maha Esa atas rezeki yang diberikan selama satu tahun. 

"Nya'pat Soa" artinya antara tahun yang lalu dan tahun yang akan datang dibuat syukuran, sementara "Nyi'mak Jurong" artinya naik turun jurong yang merupakan tempat menyimpan hasil usaha selama satu tahun.

Penutupan dan Acara Lanjutan

Setelah sambutan Bupati, acara dilanjutkan dengan foto bersama tamu undangan serta makan adat bersama semua peserta Gawai Dayak ke-13. Semoga Gawai Dayak ke-13 ini menjadi momentum untuk terus melestarikan budaya dan tradisi Dayak serta mempererat kebersamaan di antara masyarakat Sekadau.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar

SEPAKBOLA

LIFESTYLE