Kolaborasi Pemprov Bersama IHGMA Tingkatkan Sektor Pariwisata di Kalbar | Borneotribun.com -->

Selasa, 21 Mei 2024

Kolaborasi Pemprov Bersama IHGMA Tingkatkan Sektor Pariwisata di Kalbar

Kolaborasi Pemprov Bersama IHGMA Tingkatkan Sektor Pariwisata di Kalbar
Kolaborasi Pemprov Bersama IHGMA Tingkatkan Sektor Pariwisata di Kalbar.
PONTIANAK - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., menerima audiensi dari Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) Kalbar, Ika Florentina bersama General Manager Hotel Berbintang di Pontianak bertempat di Ruang Kerja Gubernur Kalbar, Selasa (21/5/2024).

Pertemuan tersebut membahas salah satunya peran Hotel dalam membantu Pemerintah Kalimantan Barat untuk meningkatkan daya saing perekonomian melalui jasa perhotelan.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Harisson menyampaikan beberapa kebutuhan terhadap promosi daerah dari segi Pariwisata agar memiliki nilai jual keluar yang tinggi.

"Nah, kita sangat berterima kasih kepada pihak perhotelan yang mau bekerjasama dengan pemerintah untuk mencari jalan dalam meningkatkan perekonomian dari sektor promosi Wisata yang bisa kita pasarkan," ungkap PJ. Gubernur Harisson.

Dirinya menambahkan, bahwa kedepannya baik pemerintah dan IHGMA harus duduk bersama guna menyusun terkait apa saja yang harus dikembangkan pada sektor Pariwisata yang langsung terkoneksi pada pihak perhotelan.

"Saya harap, pihak perhotelan harus menyediakan jasa trip khusus yang berkaitan dengan objek-objek wisata di daerah, sehingga para wisatawan tidak hanya datang terus menginap begitu saja, akan tetapi wisatawan tersebut setidaknya mendapatkan pelayanan yang baik dan pada akhirnya akan berdampak pada sektor ekonomi," tutur Harisson.

Ditempat yang sama, Ketua DPD IHGMA Kalbar Ika Florentina menyambut baik terhadap masukan dan arahan dari Bapak Pj. Gubernur untuk lebih berinovasi dalam memberikan pelayanan.

"Tentu kehadiran kami disini ingin bersinergi dalam mendukung promosi Pariwisata di Kalbar," kata Ika Florentina.

Lanjutnya, IHGMA juga berkomitmen untuk mendampingi para UMKM di Kalbar agar lebih terangkat melalui media sosial kami sendiri sehingga dapat dikenal lebih luas.

"Kami berharap sinergi ini dapat segera terealisasi sehingga IHGMA akan mengeluarkan kebijakan khusus kepada seluruh hotel yang ada di Kalbar untuk mempromosikan produk-produk daerah yang berkualitas," ujar Ika Florentina.

Disisi lain, yang tak kalah penting untuk mendukung promosi sektor Pariwisata ialah keberadaan SDM. Dikatakannya, SDM menjadi point penting untuk merumuskan suatu kebijakan di dalam management.

"Jadi dalam waktu dekat ini kami akan mengadakan Workshop Leadership Road To GM. Jadi dari pelatihan ini kita harapkan akan melahirkan pemimpin hotel yang ada di Kalbar supaya menginspirasi mereka untuk menjadi hotel leader. Dan ini akan menjadi salah satu harapan Pak Pj. Gubernur agar SDM-SDM yang mumpuni agar mampu menggali potensi daerah yang bisa dijadikan objek wisata," pungkasnya.(rfa)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar

SEPAKBOLA

LIFESTYLE