Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Baru: Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Ketapang | Borneotribun.com

Senin, 20 Mei 2024

Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Baru: Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Ketapang

Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE., M.Si
Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE., M.Si.
KETAPANG - Pemerintah Kabupaten Ketapang menggelar Apel Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 dengan tema “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Baru.” Acara ini berlangsung Pada Senin pagi, 20 Mei 2024 di halaman Kantor Bupati Ketapang dan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat.

Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE., M.Si, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Dalam sambutannya, Wabup menekankan pentingnya kemajuan teknologi yang telah berkembang pesat saat ini. Beliau menyatakan bahwa kita tidak hanya sekadar mengikuti perkembangan teknologi, tetapi juga harus menjadi pemain utama untuk bisa meraih dunia.

“Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan adalah momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan semua itu,” ujar Wabup Farhan.

Lebih dari seabad lalu, tepat pada tanggal 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo, yang merupakan cikal bakal cita-cita kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Oetomo ini kemudian menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan saat ini.

Wabup Farhan menjelaskan bahwa saat ini kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dimulai oleh para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan lebih dari seabad lalu, kini kita dihadapkan pada tantangan dan peluang baru yang dibawa oleh kemajuan teknologi.

“Inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner. Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi. Adagium di zaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban,” tambahnya. 

Beliau juga menegaskan bahwa penguasaan teknologi merupakan hal yang sangat penting untuk menyongsong “Indonesia Emas.” Kecepatan inovasi teknologi digital, menurutnya, telah melesat jauh melampaui bayangan banyak orang dalam dua dekade terakhir.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Ketapang, Dandim 1203 Ketapang, Danlanal Ketapang, Pengadilan Negeri Ketapang, perwakilan Kajari Ketapang, Kemenag, serta berbagai pejabat dan staf dari pemerintah daerah.

Dengan semangat kebangkitan yang baru ini, diharapkan seluruh elemen masyarakat Ketapang dapat lebih siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada untuk menuju masa depan yang lebih baik dan lebih maju.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar