Kepemimpinan berbasis teknologi modal generasi muda wujudkan VID 2045 | Borneotribun.com

Jumat, 20 September 2024

Kepemimpinan berbasis teknologi modal generasi muda wujudkan VID 2045

Kepemimpinan berbasis teknologi modal generasi muda wujudkan VID 2045
Kepemimpinan berbasis teknologi modal generasi muda wujudkan VID 2045. (ANTARA)
Jakarta - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria mengatakan kepemimpinan berbasis teknologi atau disebut juga technological leadership merupakan modal yang harus dimiliki setiap generasi muda untuk mewujudkan Visi Indonesia Digital (VID) 2045.

Ia berpendapat bahwa technological leadership merupakan salah satu kunci untuk mengoptimalkan bonus demografi yang akan terjadi pada Indonesia dan menjadi faktor penentu untuk menjadi negara maju.

"Kalau ada technological leadership yang cukup tangguh dan cukup strategis dan juga cukup efisien untuk memanfaatkan kekuatan produktif ini, kita bisa keluar dari posisi middle income trap (negara berkembang),” kata Nezar dalam keterangannya yang diterima, Jumat.

Menurut Nezar Visi Indonesia Digital 2045 tidak akan bisa diraih apabila dari saat ini generasi muda yang menjadi penerus bangsa tidak membekali diri dengan keterampilan yang relevan dengan perkembangan global.

Karena ia berpendapat salah satu keterampilan yang saat ini perlu dimiliki generasi muda Indonesia ialah adaptasi dengan perkembangan teknologi termasuk mendalami kepemimpinan berbasis teknologi.

Dengan semakin banyak generasi muda yang memiliki technological leadership maka nantinya semakin banyak peluang Indonesia untuk meraih potensi dari ekonomi digital yang akan berperan penting di masa depan.

Membedah data, riset dari Google, Temasek, dan Bain & Company pada 2022 menyebutkan ekonomi digital ASEAN di 2030 diproyeksikan mencapai 1 triliun dolar AS. Laporan itu menyebutkan Indonesia dalam lanskap itu bakal menyumbang sekitar 40 persen dari nilai besar tersebut.

Nezar mengatakan hal itu mungkin dapat dipenuhi Indonesia asalkan negara mampu memenuhi kebutuhan sembilan juta talenta digital di 2030.

"Sekarang kita baru mampu menghasilkan kurang dari 2 juta. Untuk 5 tahun ke depan kita harus boosting sekitar 7 juta lagi talenta digital,” ungkapnya.

Maka dari itu, Nezar mengajak generasi muda untuk bisa mendalami dan memiliki keterampilan kepemimpinan berbasis teknologi untuk bisa memenuhi kebutuhan 9 juta talenta digital tersebut.

Pewarta : Livia Kristianti/ANTARA

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar