Capaian Kemenkominfo dalam upaya mengakselerasi transformasi digital | Borneotribun.com

Sabtu, 21 September 2024

Capaian Kemenkominfo dalam upaya mengakselerasi transformasi digital

Capaian Kemenkominfo dalam upaya mengakselerasi transformasi digital
Capaian Kemenkominfo dalam upaya mengakselerasi transformasi digital. (ANTARA)
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyampaikan beberapa capaian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam upaya mengakselerasi transformasi digital di Indonesia.

Pada acara puncak perayaan ulang tahun ke-23 kementerian di Lapangan Anantakupa Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Jumat (20/9), dia menyampaikan bahwa Kemenkominfo telah membangun infrastruktur telekomunikasi, mengupayakan ruang digital dan arus informasi yang sehat, serta memastikan pemanfaatan teknologi untuk memberdayakan masyarakat.

"Berbagai capaian telah kita raih di dalam upaya mengakselerasi transformasi digital," katanya Budi dalam keterangan persnya pada Sabtu.

Dalam pembangunan infrastruktur digital, ia menjelaskan, Kemenkomimfo bersama para pelaku industri telah membangun 1.665 Base Transceiver Station (BTS) USO dan 5.168 BTS 4G untuk menghadirkan konektivitas digital di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Selain itu, Program Akses Internet yang dijalankan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo telah menjangkau 18.697 lokasi, memberikan pelayanan publik yang lebih berkualitas melalui digitalisasi di daerah-daerah jangkauan.

Transformasi digital juga mencakup upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Kemenkominfo menjalankan program-program pelatihan talenta digital untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang teknologi.

Dalam hal ini, Budi menyampaikan bahwa Program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) telah diikuti oleh 24,6 juta peserta, Program Digital Talent Scholarship (DTS) telah diikuti 608.798 peserta, dan Program Digital Leadership Academy (DLA) telah dimanfaatkan oleh 1.236 peserta.

Pewarta : Livia Kristianti/ANTARA

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar