Menyikapi Perkembangan Teknologi dan Globalisasi Ekonomi Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu | Borneotribun.com -->

Senin, 03 Juni 2024

Menyikapi Perkembangan Teknologi dan Globalisasi Ekonomi Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu

Menyikapi Perkembangan Teknologi dan Globalisasi Ekonomi Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu
Menyikapi Perkembangan Teknologi dan Globalisasi Ekonomi Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu.
KAPUAS HULU – Kabupaten Kapuas Hulu atau dijuluki Uncak Kapuas adalah kabupaten di provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. 

Ibu kota kabupaten ini terletak di Putussibau. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 29.842,03 km² (20% luas Kalimantan Barat) dan berpenduduk 271.584 menurut data Disdukcapil Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2024.

Dengan keadaan geografis tersebut dapat diukur jumlah kepadatan penduduknya hanya sebesar 9 jiwa dalam setiap 1 km persegi wilayah di Kapuas Hulu, hal ini sangat jauh dibandingkan dengan kondisi geografis dan jumlah kepadatan penduduk di Kota Jakarta yang mana sebesar 15.978 jiwa per 1 km persegi.

Akan tetapi bukan tidak mungkin Kabupaten Kapuas tidak ada peluang untuk terus meningkatkan kapabilitas dan potensi menjadi kota yang mandiri secara ekonomi. 

Pada akhir tahun ini dunia makin deras diterjang arus globalisasi, mulai dari ekonomi dan teknologi yang demikian pesat ditengarai sebagai salah satu penyebab dari borderless world ini.

Kabupaten Kapuas Hulu harus mempersiapkan diri dikarenakan kondisi geografis Kabupaten Kapuas Hulu merupakan bagian dari daerah di Provinsi Kalimantan Barat yang mana menjadi bagian daerah di Indonesia yang berdekatan dengan negara lain seperti Negara Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan perlu memperhatikan pergerakan ekonomi serta arus pekerja tenaga asing dari negara lain yang bisa mempengaruhi ekonomi global seperti negara Republik Rakyat Tiongkok. 

Pada saat ini peran teknologi sudah banyak kegunaan untuk peningkatan ekonomi. Namun, tantangan terbesar adalah menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Banyak pekerja yang terbiasa dengan pekerjaan manual tradisional kini harus belajar keterampilan baru untuk tetap relevan dalam pasar kerja yang semakin terhubung secara global dan berbasis teknologi.

Pemerintah setempat dan lembaga pendidikan berperan penting dalam membantu masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu menghadapi tantangan ini.

Program pelatihan keterampilan dan pendidikan teknologi harus didorong agar masyarakat dapat beradaptasi dan bersaing dalam ekonomi yang semakin digital ini.

Selain dari sisi teknologi peningkatan ekonomi di Provinsi Kalimantan Barat terkhusus di Kabupaten Kapuas Hulu juga perlu memperhatikan kelayakan jaringan dan infrastruktur transportasi maupun komunikasi. 

Untuk komunikasi diperlukan adanya peningkatan konektivitas internet dan aksesibilitas perangkat ke seluruh wilayah.

Hal ini berguna untuk meningkatkan kecepatan informasi untuk seluruh masyarakat sehingga masyarakat dapat mengambil dan mempersiapkan respon untuk perubahan ekonomi dunia yang semakin tidak stabil yang dapat berakibat pada kemungkinan inflasi nasional.

Kemudian dengan adanya konektivitas internet yang baik membuat masyarakat dapat mempunyai kemampuan untuk bergerak disektor ekonomi digital. Seperti pembuatan konten kreatif maupun pekerjaan yang bisa dikerjakan dimanapun (Work From Anywhere).

Kemudian perlu adanya pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat seperti literasi digital maupun menambahkan kurikulum teknologi di sekolah. 

Setelah itu selain dari sektor ekonomi digital, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu mempunyai potensi di bidang pariwisata.

Pemerintah daerah dapat mengembangkan dan mempromosikan destinasi alam seperti Danau Sentarum dan Taman Nasional Betung Kerihun.

Yang terakhir memperhatikan perkembangan di sektor usaha kecil menengah yang dimana sudah mulai berkembang agar tetap terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Peningkatan di ekonomi kecil menengah tersebut tentu bergantung pada dua hal yakni perlu adanya kemauan dari masyarakat itu sendiri serta dukungan dari pemerintah baik dari segi pembiayaan dan juga pemasaran.

Dengan demikian, meskipun terletak di pedalaman yang terpencil, Kabupaten Kapuas Hulu tidak luput dari dampak globalisasi dan perkembangan teknologi.

Adalah tugas bersama masyarakat, pemerintah, dan lembaga pendidikan untuk memastikan bahwa dampak teknologi pada pasar kerja di Kabupaten Kapuas Hulu membawa manfaat yang positif bagi semua orang.

Penulis:
Steven Hoover Sianturi, A.Md.Ak.
Pelaksana Seksi Bank – KPPN Putussibau

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar

SEPAKBOLA

LIFESTYLE