Harisson Tekankan Layanan Maksimal untuk Jamaah Haji Kalbar | Borneotribun.com

Selasa, 28 Mei 2024

Harisson Tekankan Layanan Maksimal untuk Jamaah Haji Kalbar

Harisson Tekankan Layanan Maksimal untuk Jamaah Haji Kalbar
Pelepasan Jamaah Calon Haji Provinsi Kalimantan Barat Musim Haji Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi ditandai dengan penyerahan Bendera sebagai perwakilan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat oleh Pj Gubernur Kalbar kepada Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji. ANTARA/Rendra Oxtora.
PONTIANAK - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, menekankan pentingnya layanan maksimal bagi calon haji asal Kalimantan Barat. Pesan ini disampaikan saat melepas 2.593 calon haji di Pontianak, Senin (27/5).

"Saya tekankan khusus kepada petugas haji untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin agar jamaah bisa beribadah dengan tenang," ujar Harisson.

Harisson berharap, setelah melalui berbagai tahap persiapan mulai dari Manasik Haji hingga kini siap berangkat, para calon haji Kalbar dapat menjalankan ibadah dengan penuh kemudahan dan tertib. 

"Rangkaian perjalanan ibadah haji ini adalah perjalanan panjang yang sudah dipahami oleh para calon haji," tambahnya.

Dia juga mengingatkan pentingnya menjaga stamina selama di Tanah Suci, terutama menjelang wukuf di Padang Arafah yang merupakan puncak dari ibadah haji. 

"Saya minta jaga betul-betul kondisi kesehatan, dan kurangi aktivitas-aktivitas yang tidak begitu penting," tegas Harisson.

Harisson juga menyoroti kondisi cuaca di Makkah yang bisa mencapai 42 hingga 48 derajat Celsius, meminta calon haji untuk bijak mengatur waktu dan aktivitas di tengah cuaca panas. 

"Kurangi kegiatan yang kurang mengena, lebih baik perbanyak beribadah di Masjid yang ber-AC agar kondisi tetap terjaga," sarannya.

Selain itu, ia berpesan agar calon haji melaksanakan ibadah dengan tulus dan ikhlas, sesuai tuntunan yang telah diberikan. 

"Patuhilah ketentuan yang telah ditetapkan, jaga kesehatan fisik, istirahat cukup, dan perbanyak minum air putih serta konsumsi buah-buahan dan makanan bergizi," lanjut Harisson.

Harisson juga menekankan pentingnya menjaga nama baik dan martabat bangsa serta daerah selama di Arab Saudi. 

"Hormati undang-undang dan peraturan-peraturan negara Arab Saudi, jadilah tamu Allah yang baik. Berdoalah di tempat-tempat makbul untuk keselamatan dan kebahagiaan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Semoga saudara sekalian menjadi haji dan hajjah yang mabrur," pungkas Harisson.

Oleh: ANTARA/Rendra Oxtora
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar